Teknisi K3 Pesawat Uap

Latar belakang

Pemanfaatan Pesawat Uap telah mengalami perkembangan signifikan dalam berbagai proses industri, fasilitas umum, dan bahkan di rumah tangga belakangan ini. Pesawat Uap merupakan peralatan teknik dengan risiko bahaya tinggi yang dapat menyebabkan kecelakaan atau bahkan peledakan. Tingginya risiko kecelakaan kerja yang terkait dengan penggunaan Pesawat Uap  menuntut perusahaan untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi bahaya yang dapat timbul.

Untuk mencegah terjadinya kecelakaan atau peledakan, sangat penting untuk menjalankan prosedur pengoperasian pesawat Uap timbun sesuai dengan standar yang berlaku. Sebelum digunakan, setiap peralatan Pesawat Uap serta alat pengaman/perlengkapannya harus diperiksa, diuji, dan dirawat secara berkala dan baik. Pemeriksaan dan pengujian Pesawat Uap harus dilakukan oleh tenaga kerja yang memiliki kompetensi khusus, bersertifikasi, dan telah ditunjuk oleh Menteri Ketenagakerjaan RI.

Tujuan Program

Berdasarkan Undang-Undang No. 1 Tahun 1970 tentang Keselamatan Kerja dan Peraturan Pelaksanaannya, yang dijabarkan dalam Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia Nomor 37 Tahun 2016 tentang Keselamatan dan Kesehatan Kerja Pesawat Uap, perusahaan diwajibkan memiliki tenaga K3 Pesawat Uap untuk memastikan pelaksanaan K3 di tempat kerja berjalan secara optimal. Selain itu, regulasi keselamatan kerja (K3) tersebut juga mengatur bahwa setiap tahapan, mulai dari perencanaan, pabrikasi, hingga pengoperasian Pesawat Uap, harus melalui proses pemeriksaan dan penilaian teknis terlebih dahulu sebelum dioperasikan oleh tenaga operator dan maintenance yang kompeten dan bersertifikat.

Program K3 Teknisi Pesawat Uap memiliki tujuan dan manfaat yang sangat penting dalam meningkatkan keselamatan dan kesehatan kerja (K3) di lingkungan industri. Berikut adalah tujuan dan manfaat dari program tersebut:

Tujuan:

  1. Meningkatkan Kesadaran K3: Memperkuat kesadaran akan pentingnya keselamatan dan kesehatan kerja, khususnya terkait dengan penggunaan Pesawat Uap.
  2. Mengurangi Risiko Kecelakaan: Mengurangi risiko terjadinya kecelakaan kerja atau bahkan peledakan yang dapat disebabkan oleh penggunaan Pesawat Uap.
  3. Memastikan K3 Berjalan Optimal: Menjamin bahwa pelaksanaan K3 di tempat kerja berjalan secara optimal, sesuai dengan standar keselamatan yang berlaku.
  4. Meningkatkan Kompetensi Tenaga Kerja: Meningkatkan kompetensi tenaga kerja dalam melakukan pemeriksaan, pengujian, dan perawatan bejana tekan dan tangki timbun sesuai dengan standar yang ditetapkan.

Manfaat:

  1. Keselamatan Kerja yang Meningkat: Dengan mengikuti program ini, perusahaan dapat memastikan bahwa penggunaan Pesawat Uap dilakukan dengan aman, sehingga risiko kecelakaan kerja dapat diminimalkan.
  2. Kepatuhan Terhadap Regulasi: Memastikan bahwa perusahaan mematuhi semua regulasi yang berkaitan dengan keselamatan dan kesehatan kerja, seperti Undang-Undang No. 1 Tahun 1970 tentang Keselamatan Kerja dan Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia Nomor 37 Tahun 2016.
  3. Perlindungan Terhadap Tenaga Kerja: Program ini memberikan perlindungan kepada tenaga kerja dengan memastikan bahwa mereka memiliki pengetahuan dan keterampilan yang cukup untuk mengoperasikan Pesawat Uap dengan aman.
  4. Efisiensi Operasional: Dengan tenaga kerja Pkompeten dalam melakukan pemeriksaan, pengujian, dan perawatan Pesawat Uap, perusahaan dapat menghindari kerusakan pada peralatan, mengurangi waktu henti operasional, dan meningkatkan efisiensi produksi.

Sertifikat Yang Di Dapatkan

Persyaratan

Kurikulum

  • Kebijakan K3 dan Dasar – Dasar K3
  • Peraturan perundang-undangan
    a. Undang – Undang No. 1 Tahun 1970
    b. Peraturan Menteri nomor 37 tahun 2016
  • Pengetahuan dasar pesawat uap dan bagian-bagiannya
  • Fungsi Appendages/perlengkapan pesawat uap
  • Air pengisi ketel uap dan cara pengolahannya
  • Korosi dan pencegahannya
  • Pengetahuan instalasi listrik untuk ketel uap
  • Pengetahuan bahan
  • Penilaian perhitungan konstruksi pesawat uap
  • Pengetahuan dasar Pemeriksanaan secara tidak merusak (Non Destructive Test /NDT)
  • Pengetahuan tentang bahan bakar dan pembakaran
  • Pemeriksaan, perawatan, pemasangan dan reparasi
  • Standar Pemeriksaan, perawatan, pemasangan dan reparasi
  • Pemindahan panas
  • Pengetahuan las

 

  • UJIAN TEMAN K3 

Jadwal Pembinaan Teknisi K3 Perancah

Harga Investasi

RP 9.690.000

  • Harga Sudah Termasuk Pajak Pph 23
  • Pelunasan Wajib H-3 Pembinaan
  • Sudah Termasuk PNBP 

Rp.10.250.000

  • Harga Belum Termasuk Pajak 
  • Pelunasan Wajib H-3 Pembinaan
  • sudah Termasuk PNBP
Pendaftaran
Konsultasi Pembinaan

TESTIMONI ON GOOGLE MY BUISNESS

Irpan SyahIrpan Syah
12:10 24 Feb 24
Terimakasih TMI cikarang dan rekan2 yang ikut training sukses terus 👍
Darmadi AdiDarmadi Adi
11:39 24 Feb 24
Host ny baik.instruktur ny bagus dan materi ny bagus.cuma ruang praktek ny saja kurang luas
Vinsensius AryantoVinsensius Aryanto
09:54 24 Feb 24
Trainer sama fasilitator nya sangat membantu dan mudah di mengerti sukses selalu buat TMI semoga semakin jaya
Parade M SilabanParade M Silaban
13:20 25 Jan 24
Webinarnya sangat bermanfaat
Mohammad RizqiMohammad Rizqi
14:29 09 Nov 23
Sangat bagus sekali
Soal BuAmbarSoal BuAmbar
05:48 17 Sep 22
• Selama saya melaksanakan Praktik Magang di PT TMI Cikarang, sangat banyak ilmu dan pengalaman yang didapatkan terutama ilmu mengenai K3. Bahwa betapa pentingnya kita mengetahui resiko dari setiap pekerjaan yang dilakukam oleh setiap profesi. Selama 3 hari saya mendapatkan materi dan juga praktik mengenai : K3 Ketinggian, K3 Ruang Terbatas, dan K3 Pemadam Kebakaran. Materi tersebut disampaikan oleh para ahli yang sudah berpengalaman di bidangnya. Materi mengenai ketinggian dapat memberikan wawasan mengenai kondisi tempat tinggi yang ada di sekolah, dan pada praktik ketinggian, kami mendapatkan pengalaman yang tidak terlupakan mengenai praktik Tenaga kerja Bangunan Tinggi. Kemudian pada Materi mengenai ruang terbatas dapat memberikan wawasan mengenai kondisi ruang terbatas yang ada di sekitar, dan juga mendapatkan pengalaman yang tidak terlupakan mengenai praktik Tenaga kerja Ruang Terbatas, dengan media sumur buatan dan alat-alat pelindung untuk tenaga kerja di ruang terbatas. Yang terakhir adalah materi mengenai Pemadam Kebakaran, yang sangat bermanfaat untuk menambah pengetahuan kami, dan pelaksanaan Praktik Pemadaman Api dengan menggunakan media : Fire Blanket, Tong Sampah, Spirtus, Solar, Air, Apar, Cricket, Baju Wear Pack, Helm.Terima kasih banyak untuk TMI, terutama untuk Ibu Henny selaku pimpinan. Teh Adel yang sudah dengan sabar mengarahkan kami dari awal magang. A Dimas, A Ilham, Pa Iwan. Kami ucapkan Jazakallohu khairan katsiraa, semoga ilmu dan pengalaman yang didapatkan menjadi amal kebaikan yang tiada putus untuk pihak TMI.Semoga TMI semakin berkembang, semakin jaya.Suksess selaluuuDari Kami : Guru Magang dalam program Upskilling & Re Skilling Bispar 2022
Pak SururPak Surur
15:59 14 Sep 22
Trainers Management Indonesia (TMI) Cikarang, memberikan pelayanan yang luar biasa. Kami peserta guru magang bekerjasama dengan BBPPMPVBISPAR dan Kementerian Pendidikan merasa sangat bersyukur bisa mendapatkan pengalaman magang industri di TMI. Disini kami diajarkan bagaimana mekanisme K3 pada ketinggian, evakuasi pada ruanh terbatas, dan menanggulangi bahaya kebakaran.TMI melalui silabus dan kurikulum yang sedemikian dirancang dengan sistematis telah membuat magang industri yang kami jalani terasa kaya akan ilmu, baik teori maupun praktik langsung di lapangan.Sukses selalu TMI hebat, TMI Juara, TMI Mendunia. Salam bahagia dan bangga dari kami para guru SMK~
js_loader

To Leading Training & Coaching Provider In Indonesia With National & International

Call Us

Marketing Cikarang

Marketing Medan

Operasional

Costumer Service

Company

About Us

Projects

Team Member

Contact

021-089916788

tmi.update@gmail.com

© 2023.Presented By Digital Marketing PT Trainers Management Indonesia