Mengenal Apa itu LOTO di Tempat Kerja

Apa itu LOTO di Tempat Kerja

Keselamatan kerja adalah keharusan dalam industri. Salah satu metode keselamatan yang paling penting dan sering diabaikan adalah Lockout/Tagout (LOTO). Kendatipun terdengar sederhana, faktanya ini adalah langkah krusial. Dalam artikel ini, kita akan mempelajari lebih lanjut apa itu LOTO di tempat kerja dan bagaimana penerapannya dapat menyelamatkan nyawa serta meningkatkan produktivitas kerja.

 

A. Mengapa LOTO Penting?

Setiap tahun, ribuan pekerja mengalami cedera parah atau bahkan kehilangan nyawa sebagai akibat dari kesalahan dalam menjalankan proses LOTO. Misalnya, mesin yang tiba-tiba menyala tanpa peringatan selama perawatan atau perbaikan sering kali menyebabkan kecelakaan ini. Akibatnya, cedera yang terjadi bisa sangat fatal, mulai dari luka bakar hingga patah tulang dan amputasi. Oleh karena itu, LOTO sangat penting untuk menghindari kecelakaan dan menjaga tempat kerja aman.

 

B. Bagaimana Proses LOTO Bekerja?

Proses LOTO terdiri dari beberapa langkah penting:

  • Persiapan

Sebelum memulai proses LOTO, sangat penting untuk mengidentifikasi semua sumber energi pada peralatan yang akan digunakan. Misalnya, mengetahui berbagai jenis energi, seperti listrik, mekanik, hidrolik, pneumatik, dan lain-lain, termasuk dalam kategori ini. Untuk memastikan bahwa karyawan memahami risiko dan prosedur yang harus diikuti, persiapan juga memerlukan pelatihan dan pengetahuan yang cukup.

 

  • Pemberitahuan

Selanjutnya dalam proses LOTO, berkomunikasi dengan baik sangat penting. Tujuan dari pemberitahuan ini adalah untuk mencegah kebingungan dan mencegah seseorang mencoba mengoperasikan peralatan selama periode LOTO.

 

  • Pemutusan Energi

Pada tahap ini, pekerja harus aman memutuskan semua sumber energi fisik dari peralatan. Ini dapat berarti menghentikan pasokan listrik, menghentikan pasokan bahan bakar, atau menghentikan sistem hidrolik. Penting untuk dicatat bahwa untuk peralatan yang berpartisipasi dalam LOTO, sangat penting untuk mengikuti prosedur khusus yang telah ditetapkan untuk memastikan bahwa semua energi berada dalam “keadaan energi zero“, sehingga tidak ada energi tersisa yang dapat menyebabkan startup yang tidak diharapkan.

 

  • Penandaan dan Penguncian

Setiap lokasi penguncian harus diberi tanda yang jelas dengan informasi tentang orang yang melakukan penguncian dan alasan mengapa penguncian diperlukan. Ini mencegah orang lain untuk mencoba mengoperasikan peralatan selama perawatan.

 

  • Verifikasi

Sebelum memulai pekerjaan perawatan atau servis, pekerja harus memastikan bahwa telah menonaktifkan semua sumber energi, sehingga peralatan tidak dapat digunakan. Biasanya, mereka akan menghidupkan peralatan untuk melakukan verifikasi ini.

 

  • Pemeliharaan atau Servis

Selama proses ini, pekerja dapat aman melakukan pekerjaan perawatan tanpa risiko kecelakaan ketika peralatan terkunci. Penting bagi pekerja untuk tetap waspada dan mematuhi semua protokol keselamatan.

 

  • Penghapusan LOTO

Pekerja yang menginstal LOTO harus menghapus semua perangkat lockout dan tagout secara aman sebagai langkah terakhir. Mereka yang menginstal LOTO adalah satu-satunya orang yang dapat menghapus perangkat lockout dan tagout. Mereka harus memastikan untuk memeriksa semua komponen peralatan dan memastikannya aman sebelum menghidupkannya kembali.

 

C. Keuntungan Mengimplementasikan LOTO

  • Mencegah Cedera

Ini adalah keuntungan utama dari LOTO. Risiko kecelakaan kerja dapat diminimalkan dengan memastikan bahwa mesin sepenuhnya dinonaktifkan.

 

  • Meningkatnya Kesadaran akan Keselamatan

Dengan menggunakan LOTO secara teratur, budaya keselamatan di tempat kerja meningkat, dan setiap pekerja mengutamakan keselamatan.

 

  • Efektivitas Operasional

Meskipun LOTO mungkin tampak tidak efektif, ini dapat meningkatkan produktivitas dengan mengurangi downtime yang tidak direncanakan akibat kerusakan atau kecelakaan peralatan.

 

  • Kepatuhan Regulasi

Dengan menggunakan LOTO, bisnis dapat mematuhi standar keselamatan yang OSHA dan pemerintah tetapkan, serta menghindari denda dan hukuman.

 

Kita harus menggunakan LOTO dengan benar dan konsisten untuk menjaga keselamatan dan produktivitas di tempat kerja. Kita dapat mengurangi risiko cedera serius dan membangun budaya keselamatan yang lebih kuat di tempat kerja dengan mengikuti prosedur yang ditetapkan dan memastikan bahwa semua pekerja mendapatkan pelatihan yang memadai.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Leading Training & Coaching Provider In Indonesia With National & International

Call Us

Marketing Cikarang

Marketing Medan

Operasional

Costumer Service

Company

About Us

Projects

Team Member

Contact

021-089916788

tmi.update@gmail.com

© 2023.Presented By Digital Marketing PT Trainers Management Indonesia